Tips Cepat Membuat Contoh Motivation Letter

Posted on

BelajarOnline – Surat motivasi merupakan salah satu syarat penting untuk berbagai hal seperti pengajuan magang dan beasiswa. Kadang kala seseorang belum mengetahui benar mengenai poin penting dalam motivation letter sehingga memicu kegagalan dalam usaha meraih beasiswa yang diinginkan.

Sebagian besar orang tentu ingin menuntut ilmu di tempat terbaik bahkan sampai ke luar negeri, fasilitas sekolah gratis yang diberikan pemerintah maupun pihak swasta banyak dimanfaatkan untuk mencapai tujuan tersebut. Contoh motivation letter yang akan dibahas berikut ini bisa mempermudah Anda untuk menuangkan poin penting ke dalam tulisan.

 

Contoh Motivation Letter Terbaik untuk Keperluan Anda

Tips Cepat Membuat Contoh Motivation Letter

Saat mendaftar banyak lembaga yang menyediakan beasiswa, pelamar akan dihadapkan pada pengurusan dokumen yang cukup menguras tenaga. Sehingga Anda perlu menyiapkannya jauh-jauh hari agar tidak ada kekeliruan mengingat banyaknya saingan yang mendaftar. Umumnya persyaratan administrasi meliputi ijazah plus transkrip nilai, curriculum vitae, serta surat motivasi yang mendorong Anda ingin belajar di jurusan & universitas tersebut.

Kenapa Anda perlu menyimak beberapa contoh motivation letter? Karena banyak reviewer yang menjadikannya sebagai poin penilaian penting. Silahkan membaca uraian membuat surat motivasi berikut.

 

Baca Juga : Merancang Penelitian Contoh Studi Kasus yang Sistematis

 

1. Memposisikan diri sebagai penilai

Sebelum mulai membuat tulisan, Anda bisa mencoba memposisikan diri sebagai panitia menyeleksi untuk menjadi gambaran seseorang dengan kriteria apa saja yang cocok menerima bantuan sekolah gratis tersebut. Hal ini tentu akan berbeda tiap beasiswa sehingga wajib hukumnya bagi pelamar mengetahui banyak informasi tentang program beasiswa yang dibidik.

Jika perlu luangkan waktu khusus untuk mengumpulkan banyak info terkait universitas tujuan dari berbagai sumber, baik online maupun offline. Kemudian, catat poin penting dari kedua cara tersebut untuk lebih mudah mengetahui bakat, tujuan, passion, dan prestasimu untuk bahan membuat surat motivasi.

 

2. Paragraf pertama yang menarik

Susunlah kalimat pembuka yang menarik pembaca dengan sesuatu yang berbeda seperti paragraf-paragraf yang ada dalam majalah ilmiah. Dalam beberapa contoh motivation letter yang diunggah oleh orang-orang yang sudah berhasil mendapatkan beasiswa menampilkan hal yang berbeda terutama paragraf pembuka.

Proses mencari ide dan merangkai kalimat yang menarik dan berkualitas memang tidak mudah sehingga membutuhkan banyak waktu, tetapi Anda harus percaya jika itu benar-benar akan membuat hasil yang lebih baik.

 

3. Struktur kalimat

Walaupun isi tulisan Anda tersebut sangat menarik untuk dibaca, tetapi jika alur penulisan terkesan tidak bertele-tele akan membuat penyeleksi pusing. Jadi, pastikan menulis motivation letter yang lugas dengan struktur kalimat yang runtut. Hal ini akan memudahkan reviewer dalam menangkap makna dari surat motivasi yang Anda kirim.

 

Baca Juga : Pengertian, Jenis, Serta Contoh Kuesioner Pembahasan Lengkap

 

4. Isinya jelas

Kata-kata dalam contoh motivation letter harus jelas sesuai dengan kepentingan, misalnya mendaftar program gratis studi maka isinya sudah pasti tentang hal yang berkaitan dengan beasiswa tersebut. Jelaskan motivasi Anda mengikuti program beasiswa dari lembaga-lembaga penyelenggara dengan kalimat yang jelas.

Makanya, disarankan Anda menganalisis terlebih dahulu sosok yang dicari panitia seleksi, kemudian dipadukan dengan kelebihan yang Anda miliki.

 

Bagi Anda yang benar-benar ingin mendaftar suatu program dari lembaga tertentu, baik itu beasiswa pendidikan, kegiatan magang, maupun pekerjaan khusus yang mensyaratkan surat motivasi sebaiknya jangan membuatnya secara mendadak.

Meskipun sudah membaca beberapa poin contoh motivation letter beserta tipsnya, namun tetap saja membutuhkan waktu yang lama untuk menelusuri motivasi & kelebihan diri yang cocok ditampilkan untuk melengkapi dokumen administrasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.