Tahapan dalam Menyusun Metode Penelitian Kuantitatif

Posted on

Metode penelitian kuantitatif ialah suatu proses penelitian yang dilakukan untuk memperoleh kesimpulan pengetahuan yang ingin diketahui dengan menganalisis data numerik dari lapangan.

Metode ini berfokus pada pengetahuan khusus yang diperoleh melalui generalisasi dari hasil data statistik.

Tindakan penelitian menggunakan metode kuantitatif bertujuan untuk menarik benang merah antara variabel terikat dan variabel bebas dalam populasi tertentu.

 

Tahapan dalam Menyusun Metode Penelitian Kuantitatif

 

Tahapan dalam Menyusun Metode Penelitian Kuantitatif

 

Metode penelitian kuantitatif terdiri dari dua macam desain penelitian, yakni kuantitatif deskriptif dan kuantitatif eksperimental.

Desain kuantitatif deskriptif yakni pengukuran penelitian yang dilaksanakan dalam sekali studi. Maksudnya adalah bahwa pengambilan penilaian antar variabel dalam suatu populasi dilakukan hanya dalam satu siklus.

Sedangkan desain kuantitatif eksperimental merupakan pengukuran data untuk memperoleh kesimpulan sebab akibat suatu fenomena objek melalui pengamatan objek teliti pada sebelum dan sesudah dilakukannya eksperimen tertentu.

 

Baca Juga : 

 

Kerangka Dasar Metode Penelitian Kuantitatif

Untuk menyusun laporan penelitian, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, supaya hasil laporan memenuhi syarat penulisan karya ilmiah yang baik dan benar.

Berikut dijelaskan tahapan dalam menyusun kerangka dasar penelitian kuantitatif.

 

1. Pendahuluan

Topik pertama dalam kerangka dasar penelitian memiliki judul pendahuluan. Topik ini memuat tiga sub topik lainnya, yakni rumusan masalah, literatur review, dan kerangka teori.

Pertama rumusan masalah, sub ini berisikan tentang masalah apa yang ingin dibahas pada penelitian yang akan dilakukan.

Kedua adalah literatur, dalam sub ini Anda harus menuliskan beberapa kajian akademik yang sesuai dengan topik yang akan diangkat. Anda juga perlu mencantumkan kontribusi apa yang Anda siapkan untuk mengatasi masalah pada penelitian sebelumnya.

Ketiga yakni kerangka teori, Anda harus mencantumkan teori penelitian yang digunakan pada bab ini, beserta hipotesisnya.

 

2. Metode Penelitian

Topik ini berisikan tentang proses metode penelitian kuantitatif yang Anda lakukan untuk mencapai tujuan penelitian.

Pada topik ini meliputi, pemerolehan data yang digunakan (sampling). Melakukan pengumpulan data dengan mengukur variabel yang telah diidentifikasi.

Pengumpulan data dapat dilakukan dengan mencari data jadi atau melakukan survei populasi terlebih dahulu.

Terakhir yakni analisis data, pada tahap ini Anda dituntut untuk menceritakan teknik yang digunakan pada saat menghitung data statistik.

 

3. Hasil Penelitian

Tahap ini mengharuskan peneliti untuk menulis sudut pandang hasil akhir penelitian secara objektif.

Peneliti harus mencantumkan berbagai jenis diagram, grafik atau tabel yang menunjukkan perkembangan hasil penelitian atas objek yang diteliti.

Apakah ada perubahan signifikan dari sebelum dilakukan penelitian dan sesudah dilakukan.

 

4. Diskusi Penelitian

Diskusi penelitian menghasilkan bahasan deskripsi hasil yang komprehensif, analitis dan logis. Pada bagian ini terdapat pembandingan antara kerangka teori dengan hasil temuan.

Dalam kerangka dasar metode penelitian kuantitatif ini berisikan tentang implikasi riset, interpretasi data, deskripsi dari hubungan antara variabel serta limitasi.

 

5. Kesimpulan Penelitian

Kerangka dasar penelitian yang paling akhir yakni kesimpulan. Pada topik ini, peneliti harus menyimpulkan hasil penelitian serta membubuhinya dengan komentar terhadap penelitian yang dilakukan.

Perlu diketahui bahwa simpulan yang peneliti buat, harus dapat menjawab rumusan masalah penelitian.

Bagian simpulan antara lain, kesimpulan hasil, rekomendasi terhadap agen pendamping objek teliti, serta agenda lanjutan dari penelitian. Apakah penelitian dapat dikembangkan ataukah hanya pada penilaian akhir saja.

Artikel Lainnya :

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang kerangka dasar dalam metode penelitian kuantitatif. Metode ini sangat cocok digunakan untuk penelitian yang memiliki basis data numerik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.