Pengertian Penelitian Kuantitatif Menurut Para Ahli

Posted on

Penelitian Kuantitatif Menurut Para Ahli – Penelitian mempunyai peran penting pada ilmu pengetahuan. Bukan hanya berfungsi sebagai penguji teori tetapi penelitian bisa memberikan solusi atas permasalahan yang dialami masyarakat.

Salah satu jenis metode penelitian sosial yang sering digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Berikut ini pengertian penelitian kuantitatif menurut para ahli.

 

Pengertian Penelitian Kuantitatif Menurut Para Ahli

 

Pengertian Penelitian Kuantitatif Menurut Para Ahli

 

 

✔ Suriasumantri

Menurut beliau, penelitian kuantitatif merupakan penelitian dengan mengkaji pemikiran yang sifatnya ilmiah. Dengan menggunakan proses logico-hypothetico-verifikatif pada tiap metode penelitianya.

 

✔ Kasiram

Pengertian penelitian kuantitatif menurut para ahli selanjutnya datang dari kasiram. Definisi penelitian kualitatif menurut beliau adalah serangkaian metode penelitian dengan menggunakan data-data berupa angka sebagai alat penelitian.

 

✔ Nana Sudjana dan Ibrahim

Penelitian kuantitatif merupakan penelitian berdasarkan asumsi kemudian ditentukan variabelnya lalu dianalisis menggunakan metode penelitian yang valid.

 

✔ Jonathan Sarwono

Menurut beliau, penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis mengenai bagian-bagian serta fenomena dan hubungan-hubunganya.

 

✔ Sugiyono

Sugiono mendefinisikan penelitian kuantitatif merupakan metode penelitian yang berdasarkan filsafat positivisme.

Digunakan dalam sampel dan populasi penelitian. Teknik pengambilan sampel biasanya acak atau random sampling.

Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan memanfaatkan instrumen penelitian. Analisis data yang digunakan bersifat dapat diukur dengan tujuan menguji hipotesa.

 

✔ Punch (1998:4)

Penelitian kuantitatif menurut para ahli yakni Punch, beliau menginterpretasikan penelitian kuantitatif merupakan penelitian empiris yang mana data-datanya berbentuk angka yang bisa dihitung.

Menurutnya penelitian kuantitatif memperhatikan proses dan analisis data berbentuk numerik.

 

✔ Craswell

Menurut Craswell penelitian kuantitatif merupakan penyelidikan mengenai masalah sosial dengan berdasar pada pengujian teori yang terdiri atas variabel, diukur dengan angka dan dianalisis mengunakan prosedur statistik untuk mengetahui apakah teori tersebut benar secara generalisasi prediktif.

 

✔ Bryman

Beliau mendefinisikan proses penelitian kuantitatif dimulai dari teori kemudian hipotesis lalu desain penelitian, pemilihan subjek,proses pengumpulan data, menganalisa data dan terakhir menuliskan kesimpulannya.

 

✔  Jujun S. Suriasumantri

Penelitian kuantitatif menurut para ahli berikutnya datang dari Jujun. Menurut beliau, asumsi dasar penelitian kuantitatif merujuk pada kebenaran yang diterima atau pernyataan yang dianggap benar sesuai ilmu pengetahuan.

Kesimpulan berdasar fakta dan melandasi kajian ilmiah. Asumsi penelitian kuantitatif bisa dipahami secara filosofis dari unsur filsafat positivisme yakni asumsi ontologis, epistimologis, aksiologis dan hakikat manusia.

Ontologis merupakan salah satu unsur pengembangan filsafat sebagai ilmu yang mendiskusikan mengenai objek atau materi yang dikaji ilmu.

Jadi, secara ontologis penelitian kuantitatif menganggap gejala sosial yang terjadi bersifat riil dan mempunyai pola yang mirip serta bisa ditangkap oleh indera manusia.

Epistimologi merupakan metode yang digunakan untuk memperoleh kebenaran yang hakiki.

Kriteria prosedur penelitian kuantitatif yakni bebas nilai dan objektif serta kebenaran atau pengetahuan bisa diperoleh dari Ilmu pengetahuan.

Metode ini merupakan cara terbaik untuk mendapatkan ilmu pengetahuan karena konsep ilmu dilandasi fakta atas fenomena.

Aksiologi merupakan kajian untuk menganalisis kebermanfaatan atau nilai ilmu pengetahuan terhadap kehidupan manusia.

 

Penelitian kuantitatif berusaha mencari pola dan teori, hukum, prinsip yang bersifat universal. Penelitian kuantitatif juga berusaha mencari penjelasan mengenai gejala sosial yang mengakibatkan serta kaitanya dengan gejala sosial yang lain.

Penelitian kuantitatif juga menggunakan asumsi hakekat manusia melalui prinsip manusia yang diatur oleh pola universal.

Subyektifitas dan karakter individu diperhatikan dalam hal ini. Karakter populasi diwakili oleh individu sebagai sampel.

Artikel Lainnya :

Demikian beberapa penelitian kuantitatif menurut para ahli. Dari beberapa pengertian menurut para ahli diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang menggunakan angka pada proses menganalisis hasil penelitianya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.