Mudah Memahami Jurnal dengan Mengetahui Cara Mereview Jurnal

Posted on

BalajarOnline – Studi literatur adalah salah satu tahapan awal dalam penelitian. Mempelajari teori pendukung atau penelitian sebelumnya berfungsi untuk mengarahkan penelitian. Dengan studi literatur, peneliti bisa mengetahui metode penelitian atau hipotesis dari penelitiannya. Literatur yang digunakan harus literatur yang dapat dipertanggungjawabkan dan valid. Literatur yang umumnya digunakan jurnal-jurnal internasional. Jumlah jurnal yang ada tidak sedikit.

Ada berbagai penelitian yang didokumentasikan dalam jurnal yang dapat membantu penelitian. Namun, tidak sedikit peneliti yang tidak menguasai cara mereview jurnal. Padahal review jurnal diperlukan dalam menyusun metode atau hipotesis penelitian.

 

Langkah dalam Cara Mereview Jurnal

Mudah Memahami Jurnal dengan Mengetahui Cara Mereview Jurnal

Review dilakukan untuk mengetahui dan memahami isi dari sebuah tulisan. Sehingga tujuan dari review jurnal adalah untuk memahami inti dari penelitian tersebut, mulai dari alasan mengapa penelitian dilakukan sampai hasil yang diperoleh. Review jurnal tergolong tidak mudah tetapi tidak sulit. Asalkan memahami caranya, review jurnal dapat dilakukan dengan benar.

Agar lebih mudah, review jurnal dilakukan dengan membaca abstrak penelitian tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam cara mereview jurnal berdasarkan abstraknya.

Baca Juga : Pengertian Kerangka Pemikiran dan Langkah Penyusunannya di Suatu Penelitian

 

1. Memahami tujuan penelitian

Tujuan penelitian berguna untuk mengetahui arah penelitian. Di dalam abstrak biasanya tercantum tujuan penelitian secara gamblang. Namun ada beberapa penelitian yang mencantumkan tujuan penelitiannya secara implisit. Jika seperti ini, peneliti bisa membaca keseluruhan abstrak disertai dengan membaca isi jurnal.

Cara lain adalah membaca dari judul. Beberapa penelitian memasukkan tujuan penelitiannya ke judul jurnalnya. Ketiga alternatif ini juga bisa dilakukan secara bersamaan agar bisa menyimpulkan tujuan penelitian dengan lebih jelas.

 

2. Memahami subyek penelitian

Subyek penelitian adalah pihak atau benda yang dijadikan sampel dalam penelitian. Dalam abstrak sudah tercantum subyek penelitian. Jika abstrak yang disusun sangat lengkap, karakteristik subyek juga akan ditemukan dalam abstrak. Jika tidak ada, baca jurnal secara keseluruhan untuk mengetahui karakteristik dari subyek penelitian.

Karakteristik ini penting karena dapat memengaruhi hasil. Oleh karena itu, dalam cara mereview jurnal, memahami subyek penelitian dilakukan simultan dengan memahami karakteristiknya.

 

3. Memahami variabel yang digunakan

Dalam penelitian dikenal dengan variabel penelitian yang merupakan obyek yang diamati. Jenis variabel ada 3, yaitu variabel bebas, terikat, dan kontrol. Variabel bebas adalah kondisi dalam penelitian yang diubah sesuai dengan kebutuhan peneliti. Perubahan kondisi ini akan memberikan hasil yang berbeda. Hasil yang diamati ini disebut dengan variabel terikat. Untuk menjaga hasil tidak bias, terdapat variabel kontrol. Variabel penelitian perlu dipahami karena terkait subyek dan hasil penelitian.

 

Baca Juga : Contoh Tinjauan Pustaka Yang Baik Dan Benar

 

4. Memahami metode penelitian

Metode penelitian adalah hal yang penting dalam sebuah penelitian. Metode menjelaskan tahapan dan kondisi yang harus dipenuhi dalam penelitian. Dalam abstrak tercantum metode penelitian secara ringkas. Jika dirasa belum rinci, peneliti bisa membaca metode di dalam jurnal. Sebuah jurnal yang baik akan menjelaskan metode penelitian dengan lengkap dan tidak ambigu.

5. Memahami hasil dan kesimpulan penelitian

Cara mereview jurnal selanjutnya adalah memahami hasil dan kesimpulan penelitian. Hasil biasanya mencantumkan parameter-parameter yang diukur dan dapat mendukung pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian tercantum dalam abstrak. Jika ingin mengetahui pembahasannya, dalam jurnal akan tercantum subbab pembahasan. Kesimpulan penelitian biasanya berhubungan dengan tujuan.

Dari langkah-langkah cara mereview jurnal tersebut, peneliti bisa memahami isi jurnal berdasarkan abstrak dan isinya. Dari hasil review itu, peneliti bisa menyimpulkan apa kelebihan dan kekurangan dari jurnal yang telah dibaca sehingga bisa dijadikan masukan terhadap penelitian yang akan dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.