Mengenal Macam-Macam dan Contoh Metode Penelitian

Posted on

Metode penelitian adalah cara ilmiah untuk bisa mendapatkan dan mengumpulkan data dengan fungsi serta tujuan tertentu. Terdapat beberapa hal yang harus diketahui dan juga dipahami untuk bisa mendapatkan metode penelitian yang tepat.

Contoh metode penelitian sendiri bisa didasarkan dari cara, data ilmiah, fungsi hingga tujuannya. Dalam hal penelitian, data yang didapat biasanya adalah berdasar kriteria tertentu sehingga bisa dipastikan valid.

Macam-Macam dan Contoh Metode Penelitian

Contoh Metode Penelitian

Metode penelitian mengulas terkait cara dalam hal pelaksanaan penelitian. Metode penelitian berbeda dengan prosedur penelitian dimana lebih menekankan terkait alat yang dipakai dalam pengukuran dan pengumpulan data dari hasil penelitian. Untuk itu, metode penelitian pun mencakup prosedur dan teknik dari penelitian itu sendiri.

Metode penelitian sebetulnya terdiri dari bermacam-macam jenis. Tentunya adanya bermacam metode penelitian ini bertujuan untuk bisa menyesuaikan jenis penelitian yang ada sehingga hasilnya tepat. Berikut ini beberapa macam dan contoh metode penelitian:

A. Metode historis

Untuk yang pertama adalah metode penelitian berupa metode historis. Metode ini dilakukan untuk bisa merekonstruksi informasi dari kejadian di masa lampau dengan obyektif dan sistematis. Metode ini memakai cara dalam pengumpulan data, menilai, hingga membuktikan dan mensintesiskan berdasar bukti lapangan yang ada.

Contoh metode penelitian biasa dilakukan oleh para ilmuwan yang ingin mengungkap sejarah masa lalu. Dalam metode historis ini sangat dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian mendalam sehingga bisa menghasilkan penelitian yang valid.

B. Metode deskriptif

Metode yang satu ini ditujukan untuk dapat mengumpulkan data dengan detil, mendalam dan aktual. Dalam penelitian, umumnya akan dijelaskan terkait gejala yang sudah ada misal saja terkait masalah dan meneliti kondisi berlaku.

Penelitian ini pun menjadikan perbandingan terkait apa yang dapat dilakukan dalam menentukan solusi untuk hadapi masalah. Contoh metode penelitian deskriptif jauh menekankan pada observasi lapangan yang lebih mendalam.

C. Metode korelasional

Selanjutnya ada metode penelitian dengan cara korelasional dimana merupakan penelitian yang dilakukan dengan memakai cara menghubungkan variabel satu dengan variabel lainnya.

Hubungan dari variabel inilah yang biasa disebut dengan korelasi. Metode ini tepat dilakukan jika melakukan penelitian dengan adanya variabel yang banyak dan kompleks. Tujuannya adalah demi bisa mengetahui hubungan antar variabel dan dijadikan sebagai bahan agar bisa diprediksi.

D. Metode eksperimental

Metode penelitian eksperimental dilakukan dengan memanipulasi kondisi dan juga situasi alami sehingga nanti bisa menciptakan kondisi buatan. Secara umum metode ini akan bisa memungkinkan untuk dapat manipulasi obyek penelitiannya serta melakukan kontrol dengan sengaja pada obyeknya.

Dalam hal ini, maka ada tiga hal penting yang harus diketahui mulai dari kontrol, manipulasi hingga pengamatan. Tujuan metode yang satu ini adalah untuk dapat mencapai kemungkinan hubungan sebab akibat beberapa kondisi eksperimen.

E. Metode eksperimen semu

Metode penelitian dengan cara eksperimen semu ini adalah metode yang mempunyai pengukuran perlakuan dan dampak unit eksperimen. Meski demikian, metode ini tidak menggunakan penugasan secara acak untuk dapat membuat perbandingan dalam rangka untuk mengambil kesimpulan dari adanya perubahan yang ditimbulkan nantinya.

Banyak juga yang menyebut metode eksperimen semu ini dengan metode penelitian eksperimen pura-pura.

Baca juga:

Itulah beberapa macam dan contoh metode penelitian yang umum digunakan. Pada dasarnya masih ada banyak sekali metode penelitian baru seiring dengan kian kompleksnya obyek yang diteliti dan variabel. Namun, kelima metode tersebut adalah yang paling sering digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.