Bagaimana Contoh Tujuan Penelitian yang Baik dan Benar

Posted on

Contoh Tujuan Penelitian yang Baik dan Benar Sebelum mengetahui bagaimana penelitian yang baik, Anda perlu mengetahui tujuan penelitian itu sendiri.

Tujuan penelitian yakni kalimat yang merujuk ke indikasi dimana penelitian dilakukan atau data dan informasi apa yang akan dihasilkan dari penelitian tersebut.

Bentuk kalimat untuk menyusun tujuan penelitian adalah pernyataan konkrit. Berikut ini contoh tujuan penelitian yang baik dan benar.

 

Bagaimana Contoh Tujuan Penelitian yang Baik dan Benar ?

 

Contoh Tujuan Penelitian yang Baik dan Benar serta Tepat

 

Perlu Anda ketahui, contoh tujuan penelitian yang baik dibedakan menjadi 3 macam. Antara lain bertujuan untuk menemukan ilmu baru, mengembangkan pengetahuan yang sudah ada dan menguji kredibilitas pengetahuan yang sudah ada.

Beberapa ahli mengatakan bahwa contoh tujuan penelitian yang baik dibedakan atas eksplroatif, verifikatif dan development.

Eksploratif yakni penelitian yang bertujuan menemukan pengetahuan baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Sementara verifikatif bertujuan menguji terori yang sudah ada. Sehingga hasil penelitian bisa jadi memperkuat atau menggugurkan teori yang sudah ada.

Kemudian development merupakan penelitian yang bertujuan mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah ada.

Ada juga yang membedakan tujuan penelitian menjadi umum dan khusus. Tujuan umum yakni tujuan penelitian ynag secara keseluruhan yang ingin dicapai.

 

Baca Juga : Definisi dan Jenis Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian

 

Sedangkan tujuan khusus lebih spesifik. Biasanya merupakan penjabaran dari tujuan umum. Tetapi dalam contoh tujuan penelitian yang baik tidak harus ada tujuan umum dan khusus. Jika tujuan umum sudah spesifik maka tidaklah perlu membuat tujuan khusus.

Cara membuat tujuan penelitian yang baik yakni Anda berpedoman pada rumusan masalah dan mencari kalimat yang tepat untuk menjawab rumusan masalah. Misalnya mendeskripsikan, mengidentifikasi, menganalisis, dan sebagainya.

Contoh tujuan penelitian yang baik juga harus mempunyai manfaat setidaknya manfaat secara teoritis dan praktis. Manfaat teoritis merujuk pada tujuan penelitian verifikatif yakni membuktikan teori yang sudah ada.

Apakah memperkuat atau menggugurkan. Manfaat teoritis ini biasanya muncul atas dasar ketidakpuasan atau keraguan terhadap teori yang telah ada sehingga dilakukan penelitian lanjutan secara empiris.

Sementara Manfaat praktis berguna untuk memecahkan permasalahan yang terjadi secara praktis. Misalnya masalah kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika. Manfaat praktisnya yakni meningkatkan minat siswa untuk belajar matematika.

 

Baca Juga : Pengertian Kerangka Pemikiran dan Langkah Penyusunannya di Suatu Penelitian

 

Contoh tujuan penelitian yang baik juga hendaknya menggunakan metode. Beberapa metode penelitian antara lain metode historis, deskriptif, korelasi dan eksperimental.

Metode historis berguna untuk merekonstruksi peristiwa masa lampau secara kronologis dan obyektif. Melalui cara mengumpulkan data, kritik, interpretasi dan historiografi.

Penelitian yang menggunakan metode historis biasanya kritis terhadap keadaan sosial. Sementara metode deskriptif bertujuan mengumpulkan data secara konkrit dan aktual.

Penelitian ini juga mengomparasikan mengenai apa yang dilakukan untuk menghadapi suatu masalah sosial. Penelitian deskriptif bertujuan memberi gambaran sistematis suatu fakta secara aktual dan detail.

Metode korelasional merupakan metode dengan cara menjelaskan hubungan antar variabel dan mencari hubungan antar variabel yang diteliti.

Tujuan metode ini adalah mengetahui sejauh mana variabel A berpengaruh terhadap variabel B. Sedangkan metode penelitian eksperimental merupakan salah satu metode penelitian yang memberi ruang peneliti untuk mengubah variabel dan akibat yang terjadi.

Tujuan dari metode eksperimental yakni mencari dan mendapatkan hubungan sebab akibat dengan memanipulasi variabel. Manipulasi yang dimaksud yakni mengubah sifat dan nilai variabel bebas secara sistematis.

Artikel lainnya :

Itulah dia ulasan mengenai contoh tujuan penelitian yang baik dan benar. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai bagaimana membuat tujuan penelitian yang baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.