Memahami Pengertian, Jenis dan Contoh Masalah Sosial

Posted on

Contoh Masalah Sosial – Kehidupan manusia memang tidak bisa lepas dari yang namanya permasalahan yang timbul akibat interaksi sosial yang terjadi baik antar individu maupun kelompok. Penyebab semua orang mempunyai masalahnya sendiri yaitu pada dasarnya manusia memang diciptakan sebagai makhluk sosial.

Masalah sosial yang sering dialami merupakan akibat dari perbedaan tertentu yang tidak bisa diselaraskan tentang pandangan setiap orang terhadap suatu nilai. Bisa diartikan sebagai ketidakcocokan persepsi mengenai sesuatu hal.

Kriteria, Sumber & Contoh Masalah Sosial

contoh masalah sosial

Kriteria masalah tidak dapat dipukul rata karena sangat dipengaruhi oleh adat istiadat yang dilestarikan masyarakat setempat. Jadi, masalah yang timbul akibat aktivitas sosial suatu wilayah belum tentu menjadi perdebatan di daerah lainnya karena perbedaan persepsi pandangan masyarakat. Sementara sumber masalah sosial berasal dari beberapa kondisi & proses sosial saja tetapi bisa saja sumbernya dari musibah bencana alam seperti tanah longsor, gempa bumi, dll. Apa saja faktor yang berperan dalam terjadinya permasalahan sosial?

1. Bencana alam

Bencana alam secara langsung memberikan beberapa masalah kehidupan kepada pihak-pihak terkait. Seperti misalnya kemarau panjang berimbas pada sebagian panen padi gagal sehingga banyak petani yang mengalami kerugian. Mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah untuk daerah yang mempunyai sistem irigasi yang baik sehingga kebutuhan air untuk sawah tetap terpenuhi. Buntut panjang dari kegagalan panen adalah kondisi pasar tradisional yang sepi pengunjung karena bisa jadi banyak pembeli yang berasal dari kalangan petani.

2. Akses kesehatan

Akibat pendapatan yang tidak merata antara desa dan kota bisa menyebabkan banyak penduduk pedesaan yang lebih memilih ke dukun untuk berobat. Hal tersebut karena masalah sosial yang berupa kemiskinan, sehingga biaya rumah sakit akan terasa sangat mahal. Polemik tentang kesehatan memang selalu menjadi topik hangat karena belum sepenuhnya semua warga negara Indonesia mendapat pelayanan yang sama dalam kesehatan.

3. Interaksi sosial

Pola interaksi sosial merupakan sumber paling banyak menimbulkan masalah sosial bahkan beberapa negara tercatat sebagai wilayah dengan angka bunuh diri terbanyak. Penyebabnya sering kali dimulai dari perbedaan penilaian tentang penampilan, seseorang yang distandarkan cantik atau ganteng akan mendapat kemudahan dalam pertemanan, pekerjaan, dll yang berlaku sebaliknya untuk orang dengan kondisi sebaliknya.

4. Situasi sosial yang buruk

Tidak jarang orang menjadi geram terhadap beberapa kondisi sosial tertentu, sehingga Anda sering mempertanyakan tentang etika & moral seseorang. Seperti contoh paling sederhana adalah mengantri yang di beberapa negara tidak pernah menjadi masalah karena orang-orangnya sadar betul jika menyerobot antrian akan merugikan orang lain. Namun, di negeri ini tentu masih banyak orang yang suka menyerobot antrian tanpa rasa bersalah sedikitpun. Ketika Anda memutuskan untuk mengingatkannya tidak jarang orang tersebut marah.

5. Keterpaksaan menghadiri suatu acara

Sebagai manusia yang hidup dalam lingkungan sosial memang mengharuskan Anda menghadiri beberapa acara yang dibuat untuk tujuan menciptakan kerukunan. Tetapi, tidak jarang beberapa tingkah orang dalam perayaan membuat Anda kurang nyaman seperti misalkan kegiatan rumpi. Mungkin bagi sebagian orang hal tersebut wajar, tapi tidak semuanya beranggapan demikian.

Dalam berbagai bidang dalam hidup ini akan selalu ada masalah sosial. Oleh sebab itu, sulit bagi Anda untuk menghindarinya bahkan mustahil karena permasalahan merupakan salah satu cara untuk membuat orang lebih dewasa dan bijaksana. Yang perlu dipikirkan adalah menemukan solusi terbaik untuk setiap masalah dari pada mencari kambing hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.