Contoh Manfaat Penelitian Secara Teoritis dan Praktis

Posted on

Manfaat Penelitian Secara Teoritis dan Praktis Dalam menulis sebuah penelitian Anda perlu memperhatikan elemen-elemen yang harus ada dalam penelitian tersebut. Di dalam penulisan karya tulis berupa penelitian contohnya skripsi, terdapat komponen yang wajib ada yaitu manfaat penelitian.

Tujuan dari menuliskan manfaat penelitian ini adalah untuk memberitahu pembaca terkait dengan fungsi atau manfaat yang bisa didapatkan oleh pembaca atau khalayak umum dari penelitian tersebut.

Dalam menuliskan contoh manfaat penelitian, Anda harus mengetahui dulu format penulisan yang benarnya, penjelasan lebih lengkapnya akan dijelaskan berikut ini.

 

Contoh Manfaat Penelitian Secara Teoritis dan Praktis untuk Karya Tulis

Manfaat Penelitian Secara Teoritis

Dalam menuliskan manfaat penelitian di dalam sebuah karya tulis, Anda bisa menuliskan manfaat teoritis dan manfaat praktis.

Meskipun kedua hal tersebut berbeda, tujuan dari penulisannya tetaplah sama yaitu untuk menginformasikan kegunaan dari penelitian tersebut bagi pembaca yang membutuhkan.

Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan mengenai manfaat teoritis dan praktis dalam contoh manfaat penelitian :

 

Baca Juga : Menulis Dan Contoh Essay yang Baik

 

1. Manfaat penelitian secara teoritis

Manfaat penelitian secara teoritis dalam sebuah karya tulis seperti skripsi atau bentuk karya tulis lainnya ditujukan untuk menjelaskan manfaat secara umum mengenai isi karya tulis tersebut.

Dan manfaat ini dijelaskan dengan teori yang memiliki kebenaran umum. Dengan kata lain dalam menuliskan manfaat teoritis, harus dihubungkan dengan pengembangan ilmu pengetahuan yang sudah ada.

Artinya tulisan dalam contoh manfaat penelitian yang benar tidak boleh mengada-ngada atau memiliki tingkat kebenaran yang lemah.

Jika dihubungkan dengan teori, pembahasan yang disajikan haruslah dapat diuji dengan teori tertentu.

Dalam menuliskan manfaat penelitian teoritis haruslah hati-hati karena harus sesuai dengan teori yang digunakan di dalam isi penelitian.

Manfaat penelitian teoritis ini juga dapat ditulis dengan latar belakang adanya ketidakpuasan dengan teori yang sudah ada.

Dengan demikian dilakukan penyelidikan kembali dengan mengujinya melalui teori lain.

 

2. Manfaat penelitian secara praktis

Manfaat praktis tentu berbeda dengan manfaat teoritis. Dalam contoh manfaat penelitian praktis Anda harus menjabarkan manfaat penelitian yang bersifat dapat memecahkan masalah untuk beberapa kasus di lapangan.

Contohnya masalah dari diadakannya penelitian adalah adanya kesulitan siswa dalam belajar bahasa Inggris, maka manfaat penelitian praktisnya adalah meningkatkan minat siswa dalam belajar Bahasa Inggris.

Selain itu, dalam manfaat penelitian praktis biasanya tidak hanya ditujukan untuk satu subjek saja, tapi untuk beberapa subjek.

Hal ini ditujukan agar penelitian yang dibuat bisa dibaca dan memberikan manfaat bagi banyak kalangan pembaca.

Dalam penulisan manfaat penelitian praktis, Anda dapat menuliskan beberapa manfaat dalam bentuk poin-poin.

Contohnya manfaat bagi siswa, bagi guru, bagi dosen, bagi sekolah, dan lain sebagainya. Untuk setiap poinnya Anda bisa menuliskan manfaat dari sudut pandang yang berbeda.

 

3. Perbedaan manfaat teoritis dan manfaat praktis

Sebelum menuliskan manfaat penelitian, tentunya Anda harus mengetahui perbedaan dari kedua manfaat penelitian tersebut.

Manfaat teoritis berfungsi untuk mengecek kembali teori yang sudah ada, sedangkan manfaat praktis berfungsi untuk memecahkan masalah yang ada di lapangan.

Selain itu manfaat praktis dapat ditujukan untuk beberapa subjek sekaligus.

Dalam penulisan manfaat penelitian suatu karya tulis baik itu skripsi, makalah, atau penelitian lainnya tentunya harus dibuat berdasarkan fakta yang ada.

Artinya manfaat harus sesuai dengan isi penelitian itu sendiri.

Agar penulisan manfaat penelitian sesuai dengan kaidah yang berlaku, tentunya Anda harus banyak melihat contoh manfaat penelitian dari banyak referensi untuk meminimalisir kesalahan.

Artikel Lainnya :

Itulah tadi penjelasan mengenai Contoh Manfaat Penelitian Secara Teoritis dan Praktis untuk Karya Tulis. Semoga perjelasan tersebut dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.