Contoh Kesimpulan Makalah yang Baik dan Benar

Posted on

Contoh Kesimpulan Makalah yang Baik dan Benar – Makalah merupakan karya tulis ilmiah yang dibuat untuk membahas suatu materi pembelajaran atau masalah tertentu berdasarkan kajian lapangan atau teori para ahli. Bagi pelajar makalah menjadi salah satu kewajiban yang perlu dikerjakan untuk mengisi nilai tugas akademik maupun non akademik.

Oleh sebab itu, muda ini makalah menjadi suatu hal yang biasa digunakan sebagai tolak ukur kemampuan seseorang dalam memenuhi nilai akademik, terutama makalah kependidikan dan penelitian. Makalah sendiri terdiri dari berbagai bab bahasan, dimulai dari pendahuluan yang berisikan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan.

Selanjutnya pada bab pembahasan berisikan kajian teori dan terakhir bab tiga penutup, mancakup saran serta kesimpulan dari karya ilmiah tersebut. Contoh kesimpulan makalah pun bervariasi, bergantung pada jenis penelitian yang digunakan.

Contoh Kesimpulan Makalah yang Baik dan Benar

Dalam membuat kesimpulan yang baik dan benar, diperlukan teknik yang tepat. Teknik tersebut digunakan untuk membuat kesimpulan sesuai dengan jenis makalah yang dibuat oleh pemakalah. Sehingga, contoh kesimpulan makalah yang mudah dipahami oleh khalayak umum. Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam membuat kesimpulan yang sesuai dengan bidangnya.

1. Teknik Analogi

Teknik dalam membuat kesimpulan makalah yang pertama yakni menggunakan analogi. Cara kerja teknik ini yakni dengan menentukan persamaan dan perbandingan antara materi satu dan lainnya, setelah menemukan kedua hal tersebut, pastikan Anda menyusun kalimat simpulan dalam bentuk paragraf deskripsi. Bukan dengan tabel perbandingan atau persamaan. Berikut contoh kesimpulan tersebut.

Dunia Pendidikan menjadi salah satu tolak ukur untuk melihat kemajuan suatu negara. Semakin baik indeks prestasi yang dimiliki oleh instansi pendidikan, maka semakin baik negara tersebut. Namun, apabila sebaliknya, semakin rendah indeks prestasi pendidikan pada negara tertentu, menandakan negara tersebut masih pada tahap perkembangan.

Kesimpulan; “tingkat indeks prestasi pendidikan menjadi salah satu alat ukur kemajuan suatu negara. Indeks prestasi tinggi menunjukkan kemajuan sedangkan indeks prestasi rendah, menunjukkan kebalikannya”

2. Teknik Generalisasi

Cara membuat contoh kesimpulan makalah yang selanjutnya yakni menggunakan teknik generalisasi. Cara menentukan kesimpulan dengan teknik ini yaitu dengan menentukan satu atau lebih poin kesimpulan yang bersifat umum. Penarikan kesimpulan ini dapat Anda lakukan setelah meneliti suatu hal berdasarkan fakta yang diperoleh dan kajian data yang sudah dikumpulkan. Pastikan bahwa jenis penelitian sesuai dengan penelitian sebelumnya, sehingga data yang telah Anda kumpulkan tidak sia-sia. Melalui teknik generalisasi Anda dapat menentukan berbagai kesimpulan dari berbagai karya ilmiah yang telah atau akan dibuat. Baik berupa makalah, laporan penelitian, maupun skripsi.

3. Teknik Sebab Akibat

Cara ketiga yakni menggunakan teknik sebab akibat, merupakan penentuan kesimpulan dengan cara menuliskan sebab suatu masalah yang kemudian dilanjutkan dengan memasukkan akibat yang timbul karena masalah tersebut. Contoh kesimpulan makalah pun sangat mudah untuk diterapkan. Dengan menentukan sebab akibat suatu masalah dalam makalah yang Anda, maka dipastikan kesimpulan makalah tersebut tidak akan keluar dari topik yang dibahas. Baik topik pada gagasan utama maupun dalam gagasan pendukung.

Baca juga:

Itulah tadi beberapa teknik atau cara jitu membuat contoh kesimpulan makalah yang baik dan tepat sasaran. Selain teknik diatas, Anda juga perlu mengetahui tips dalam menentukan kesimpulan, yakni pastikan bahwa kesimpulan yang telah Anda buat memuat beberapa hal berikut, pertama menjawab permasalahan, kedua tidak bertele-tele, dan yang ketiga yakni tidak menjelaskan data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.