Cara Mengatasi Masalah Sosial Sesuai Dengan Akar Masalahnya

Posted on

Manusia sebagai makhluk sosial tentu tidak bisa dilepaskan dari kebutuhannya akan orang lain. Dalam hal bersosial ini, maka kerapkali muncul konflik sehingga memicu masalah sosial. Bukan hanya masalah antar pribadi saja tapi juga bisa masalah sosial di Indonesia dengan skala besar.

Masalah sosial sendiri bisa dipicu dari berbagai macam faktor. Meski demikian, segala bentuk masalah sosial ada baiknya untuk bisa diselesaikan dengan solusi terbaik agar tidak semakin besar.

Cara Mengatasi Masalah Sosial di Indonesia

Masalah sosial

 

Masalah sosial adalah kondisi yang muncul dari keadaan masyarakat dimana tidak ideal. Sumber umumnya adalah dari ketidaksesuaian unsur masyarakat yang bisa bahayakan kehidupan dari kelompok sosial. Berikut ini beberapa macam-macam masalah sosial di Indonesia dan cara mengatasinya:

1. Permasalahan kebodohan

Kebodohan menjadi masalah umum di masyarakat terutama di kalangan menengah ke bawah. Beberapa upaya yang bisa dilakukan dalam mengatasi masalah kebodohan yang ada di Indonesia yakni dengan memperluas kesempatan belajar untuk semua orang, biaya pendidikan yang dibebaskan hingga penyediaan sarana dan prasarana untuk pendidikan.

Beberapa program yang sudah ada dari pemerintah untuk mengatasi masalah ini yakni program sekolah terbuka hingga program pelatihan di luar sekolah.

2. Permasalahan pengangguran

Pengangguran menjadi masalah sosial di Indonesia yang sangat sulit untuk diberantas. Sebetulnya bukan kurangnya perhatian dari pemerintah, tapi memang karena banyaknya pengangguran yang masih kurang dalam kemauannya berusaha. Dalam hal ini beberapa langkah yang bisa dilakukan misalnya dengan peningkatan mobilitas pada modal dan tenaga kerja, penggalakan program transmigrasi hingga penyediaan informasi terkait kebutuhan tenaga kerja.

Usaha lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan pengangguran misalnya dengan meningkatkan jiwa kewirausahaan sehingga bukan hanya mencari tapi justru membuat lapangan kerja.

3. Permasalahan kemiskinan

Masalah sosial di Indonesia terkait kemiskinan ini biasanya berhubungan juga dengan masalah kebodohan dan juga pengangguran. Untuk bisa mengurangi angka kemiskinan ini, maka upaya yang bisa dilakukan misalnya dengan membatasi jumlah pertumbuhan penduduk dengan adanya program keluarga berencana.

Selain itu, pengembangan dari segi pendidikan terkhusus ekonomi lemah dan yang ada di daerah pedesaan juga penting. Perhatian pemerintah pada pengembangan industri kecil pun akan bisa sangat membantu.

4. Permasalahan kesehatan

Masalah yang berhubungan dengan kesehatan pun jadi masalah sosial di Indonesia yang rumit. Pemerintah pun sudah berusaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal masalah kesehatan ini.

Beberapa hal yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini misalnya adalah dengan peningkatan gizi di masyarakat, adanya imunisasi secara rutin, penyediaan fasilitas kesehatan hingga adanya obat generik yang murah meriah.

5. Permasalahan kejahatan

Masalah kejahatan adalah masalah yang paling umum ada di sosial. Dengan adanya usaha untuk peningkatan kesejahteraan rakyat dan pengurangan pengangguran, maka diharapkan masalah kejahatan bisa dikurangi. Selain itu perbaikan dari segi sistem pengawasan dan administrasi juga akan bisa cegah terjadinya penyimpangan.

Dari segi keamanan, maka menambah jumlah personil polisi juga sudah banyak dilakukan di kondisi atau wilayah yang rawan demi tingkatkan keamanan.

Itulah beberapa macam masalah sosial di Indonesia beserta cara mengatasinya. Pada dasarnya pemerintah sudah cukup berusaha untuk membantu masyarakat dalam mengatasi berbagai masalah sosial yang ada. Meski demikian, kadang usaha pemerintah ini kurang diimbangi dengan kesadaran dan partisipasi dari masyarakat itu sendiri. Maka dari itu, masalah sosial akan bisa diatasi tentu dengan masyarakat yang kooperatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.