Cara Membuat Abstrak Laporan Penelitian untuk Mahasiswa

Posted on

Cara Membuat Abstrak Laporan Penelitian – Dalam dunia perkuliahan, mahasiswa sudah dikenalkan dengan berbagai macam penelitian. Setelah melakukan penelitian, mahasiswa harus menyusun sebuah laporan yang berisi hasil penelitian untuk dipublikasikan. Publikasi penelitian biasanya juga disertai dengan mencantumkan abstrak dari laporan tersebut.

Abstrak merangkum isi laporan dengan lebih sederhana tetapi pembaca lain tetap dapat digunakan sebagai tinjauan umum. Abstrak mempermudah pembaca untuk menentukan apakah laporan penelitian tersebut sesuai dengan tinjauan yang dicarinya. Para mahasiswa dituntut untuk memahami cara membuat abstrak sesuai dengan laporan penelitian yang telah dibuat.

5 Cara Membuat Abstrak Laporan Penelitian secara Sistematis

Abstrak adalah tulisan pendek yang mencantumkan seluruh isi laporan penelitian mulai dari pendahuluan sampai pembahasan secara ringkas. Menulis abstrak tidak bisa sembarangan. Meskipun dibatasi jumlah kata, abstrak harus tetap menggambarkan penelitian secara keseluruhan tanpa menimbulkan ambiguitas.

Beberapa perguruan tinggi biasanya mengajarkan membuat abstrak secara khusus. Jika tidak, dosen pembimbing akan mengajarkan cara membuat abstrak secara mandiri kepada mahasiswa bimbingannya. Apabila fasilitas ini tidak tersedia, jangan bingung dan putus asa. Berikut akan diuraikan dengan jelas bagaimana membuat abstrak dengan baik.

1. Menjelaskan masalah yang terjadi

Abstrak memuat isi laporan termasuk masalah yang diangkat oleh mahasiswa peneliti. Masalah yang diangkat bisa berasal dari masyarakat. Masalah juga bisa berasal dari kajian atau penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Mahasiswa peneliti harus menentukan permasalahan spesifik yang bisa dijadikan landasan dalam melaksanakan sebuah penelitian. Mahasiswa peneliti juga bisa menggabungkan masalah yang diangkat dengan motivasi dalam melakukan penelitian asalkan dapat dibedakan dengan jelas di dalam abstrak.

2. Mengidentifikasi tujuan penelitian

Tujuan penelitian penting untuk menggambarkan mengapa penelitian dilakukan. Tujuan juga memudahkan pembaca mencari penelitian yang bisa dijadikan referensi. Tujuan penelitian bisa dilihat di bagian pendahuluan dan umumnya memiliki kolerasi dengan masalah mengapa penelitian tersebut dilakukan. Apabila dianalogikan, masalah merupakan sesuatu yang berjalan tidak semestinya sedangkan tujuan adalah sesuatu yang idealnya terjadi. Tujuan di abstrak harus dirinci jelas mengenai obyeknya.

3. Menjelaskan metode yang digunakan

Cara membuat abstrak selanjutnya adalah menjelaskan metode yang digunakan. Metode adalah teknik yang digunakan untuk mendapatkan data dan menyelesaikan penelitian. Dalam abstrak jelaskan mengenai variabel dan pendekatan yang digunakan. Metode termasuk aspek penting dalam abstrak karena bisa memengaruhi hasil penelitian. Tujuan penelitian yang sama tetapi menggunakan metode yang berbeda bisa memberikan hasil yang berbeda.

4. Mendeskripsikan hasil yang diperoleh

Hasil penelitian harus dijelaskan dalam abstrak dengan jelas dan tidak ambigu. Apabila menggunakan penelitian kuantitatif, angka dan satuan yang digunakan harus jelas. Sedangkan dalam penelitian kualitatif, obyek harus dijelaskan dengan rinci. Hasil yang dicantumkan dalam abstrak hanya hasil akhir saja. Dalam abstrak tidak perlu dituliskan grafik atau gambar meskipun terkait dengan hasil. Deskripsikan hasil penelitian secara umum dan khusus dalam abstrak. Dengan cara membuat abstrak seperti ini, hasil dalam abstrak bisa menunjukkan isi laporan dengan baik.

5. Menulis kesimpulan

Kesimpulan adalah bagian akhir dari abstrak. Kesimpulan menggambarkan keseluruhan hasil penelitian yang diperoleh. Kesimpulan dalam penelitian umumnya berhubungan dengan tujuan penelitian. Kesimpulan juga menggambarkan apakah penelitian yang dilakukan dapat menyelesaikan masalah yang diangkat atau belum.

Abstrak dalam laporan penelitian memiliki persyaratan jumlah kata. Oleh karena itu, selain mengikuti cara membuat abstrak seperti di atas, mahasiswa peneliti juga harus memperhatikan kepadatan abstrak yang ditulis. Jangan lupa untuk menanyakan kritik dan saran dari orang lain mengenai abstrak yang dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.