Saran Metode Pengasuhan Remaja

Written by Munja on March 1, 2021 in LIP with no comments.

Anak-anak memerlukan lebih banyak dorongan untuk melakukan perbuatan positif, bukan kritikan terhadap perbuatan yang negatif. Anak-anak perlu ditolong supaya tahu apa yang benar, jika melakukan kesalahan kita tunjukkan bagaimana seharusnya yang benar untuk dilakukan. Pujian dan dukungan semangat sangat efektif dalam mendorong anak- anak untuk melakukan apa yang benar. Demikianlah sedikit ideas atau cara mengembangkan sikap positif pada Anak, semoga bermanfaat. Kedua,bila memungkinkan perintah atau instruksi usahakan datang dari seorang ayah. Meski suara ibu atau perempuan itu kadang enak didengar, merdu dan lembut, namun jika sudah masuk dalam ranah memerintah anak dalam kondisi sedikit emosi maka jadi beda cerita.

Untuk membesarkan anak perempuan yang lembut, penuh kasih, dan kuat, orangtua tidak boleh lelah memberikan nasihat. Sebab, hanya dengan nasihat dari orangtuanya, seorang anak bisa tumbuh jadi sosok yang bijaksana. Selain menyentuh, kata-kata berisi nasihat untuk anak perempuan juga harus disampaikan dengan penuh kasih. Pasalnya, dengan hatinya yang lembut, anak perempuan akan lebih peka dalam menerima segala hal yang indah dan romantis seperti kasih sayang. Orang tua seringkali dibuat emosi dengan sikap anaknya yang sering membantah dan tidak menuruti perintah orang tua. Gara-gara masalah seperti itu sering terjadi keributan di dalam rumah antara anak dan orang tua.

Cara agar anak mau mendengar nasihat orang tua

Memanggil anak dengan namanya juga bisa menarik perhatian Si Kecil untuk mendengarkan nasehat dari Anda. Orang tua yang dapat selalu hadir dan membersamai anak merupakan orang tua yang didambakan oleh anak. Oleh karena itu, hindari distraksi gadget atau televisi saat bermain dengan anak. Jika anak merasa nyaman dengan orang tua dan lingkungan yang tercipta, maka anak akan cenderung lebih patuh terhadap perintah orang tua.

Dengan nada keras ataupun lembut, yang sering kita jumpai anak tersebut mengabaikan bahkan menolak perintah. Baik karena tinggi jabatan, usia, pangkat dan kedudukan lainnya. Sehingga ada perasaan tidak siap untuk menerima masukan Agen PAY4D Terpercaya dari bawahan atau orang yang dibawahnya. Jadi, apa sebenarnya yang jadi alasan anak tidak mendengarkan orang tua? Kalau sudah terjadi, orang tua biasanya marah karena merasa tidak dihargai dan anak pun kesal karena disalahkan.

Keinginan seorang anak untuk diakui dan ingin dicintai begitu kuat, sehingga mereka akan melakukan apa saja untuk mendapatkannya. Jika mereka tidak mendapat pengakuan dengan cara yang benar maka akan menemukan dengan cara yang salah dan ditempat yang salah. Hal ini umumnya menyusahkan mereka sendiri, tetapi demi mendapatkan pengakuan dan diterima . Meminta maaf atas sebuah kesalahan adalah tindakan yang mulia dan kesatria.

Kebanyakan dari orangtua sering kali ceramahi anaknya menggunakan kata yang rumit serta panjang lebar. Maka dari itu, gunakan kata sesedikit mungkin saat Mama memberikan instruksi. Ketika kita merasa terhubung dengan orang lain, kita akan lebih terbuka terhadap pengaruhnya, jadi Mama membuat anak mau untuk mendengarkan. Lakukan 5 ideas yang akanPopmama.comberikan agar Mama tidak salah melakukan hal yang malah nantinya membuat si Kecil makin tidak mendengarkan perkataan Mama.

Ajarkanlah anak untuk turut bertanggungjawab atas tugas – tugas rutin dalam rumah tangga. Anak yang secara aktif turut dilibatkan dalam tugas rutin dalam rumah tannga pada usia dewasanya akan memiliki rasa tanggung jawab yang lebih besar. Perbaiki kesalahan mereka dengan kelembutan namun harus tetap konsisten terus menerus.Berikan konsekwensi yang wajar dari pelanggaran dengan tujuan untuk mengajarkan tanggung jawab pada mereka. Disiplinkan anak tanpa menunjukkan kuasa dan kemarahan kita, maka anak akan belajar tumbuh dengan pengendalian dan rasa percaya diri yang tinggi. Anak – anak akan menyeap informasi dari lingkungan di sekitarnya dan akan melihat ke kita sebagai sumber utama informasi tentang perilaku yang bisa diterima.

Comments are closed.