Lansia Rentan Terserang Penyakit, Ini Saran Dokter

Orang tua dapat melakukannya dengan mengatur pertemuan virtual dengan teman atau kerabat mereka sehingga kesepian tidak akan memengaruhi kondisi pikiran mereka. Jika terpaksa ke dokter, pastikan tangan mereka dicuci dan peralatan yang ada didesinfeksi dengan baik dengan desinfektan berbasis alkohol. Orang yang masuk kategori 4 zodiak ini memiliki semangat tinggi, dinamis, ekstrovert, dan menarik perhatian.

Ketiga, atur jadwal aktivitas harian yang memungkinkan agar orang tua bisa beraktivitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari. “Berusaha untuk tidak duduk terlalu lama. Anda dapat berdiri dan bergerak sepanjang hari, misalnya melakukan tugas-tugas rumah,” tulis WHO seperti dikutip dalam situs resmi, Senin (5/10/2020). Sebaliknya, sebarkan informasi positif, bantuan, jalan keluar, atau saran-saran yang memang akan membantu mereka mendapatkan hari-hari yang lebih positif. Disadari atau tidak, kondisi pembatasan dan isolasi yang diberlakukan banyak negara saat ini membuat sebagian besar kegiatan dilakukan secara on-line dan digital. Bahkan di Inggris terdapat sebuah kelompok yang membuka lowongan untuk orang-orang yang ingin menjadi relawan dan membantu sesama dengan cara mendonasikan waktunya.

Semakin tinggiya kasus di beberapa daerah di Indonesia dan belum menunjukkan penurunan, upaya pencegahan ditambah sehingga menjadi 5 M yaitu dengan menambah Menghindari kerumunan dan Membatasi Mobilitas. Menteri Dalam Negeri Jerman Horst Seehofer sebelumnya memperingatkan bahwa pelonggaran pembatasan bagi orang yang sudah disuntik vaksin dapat menyebabkan perpecahan dalam masyarakat. Saran Menlu Jerman Heiko Maas agar ada pelonggaran pembatasan terhadap warga yang sudah divaksin COVID-19 kontras dengan pemerintahan Kanselir Merkel. Anak usia 12 ke atas dapat diminta mengikuti aturan mengenakan masker yang sama dengan yang berlaku untuk orang dewasa.

Jika Anda menggunakan mesin cuci, ubahlah pengaturan mesin agar sesuai dengan jenis kain. Jika mencuci dengan tangan, gunakanlah air panas yang dicampur dengan sabun. Setelah selesai, jemur masker hingga kering sebelum dipakai kembali. Jika tidak segera dipakai, masker perlu disimpan di dalam wadah/kantung bersih.

Selain itu, sesama penghuni rumah pun sebaiknya menjaga jarak selama menemui lansia, terutama bila sedang sakit. Bila lansia di rumah memiliki penyakit yang perlu rutin minum obat dan kontrol ke dokter, jangan lupa mengingatkannya untuk minum obat secara rutin sesuai anjuran dokter. Namun, Bandar Slot Online selama keadaannya baik-baik saja, tunda dulu kontrol rutin ke dokter untuk sementara waktu. Selain lebih rentan terinfeksi virus Corona, lansia juga bisa mengalami dampak yang berbahaya bila terkena COVID-19, terutama lansia yang memiliki penyakit jantung, paru-paru, atau diabetes.

Beberapa laporan menunjukkan bahwa orang tanpa gejala dapat menularkan virus ini namun belum diketahui seberapa sering penularan dengan cara tersebut terjadi. WHO terus mengkaji perkembangan penelitian tentang cara penyebaran COVID-19 dan akan menyampaikan temuan-temuan terbaru. Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia.

Sekitar satu dari enam orang akan mengalami gejala yang lebih serius dan akan mengalami kesulitan bernapas. Selain itu, gunakan masker atau respirator untuk mengurangi masuknya partikel ke dalam saluran napas dan paru, terutama bila beraktivitas di luar ruangan, demikian Antara. Masyarakat juga disarankan untuk memantau kualitas udara secara berkesinambungan untuk bisa mengambil keputusan beraktivitas di luar rumah.

Saran bagi lansia yang terkena Covid

Berbeda halnya dengan kalangan yang lebih rentan terhadap Covid-19, mereka sepenuhnya harus berada di dalam rumah selama masa karantina. Ini agar mereka terhindar dari infeksi yang mungkin saja terjadi dengan mudah di luar sana. Artinya, mereka masih tetap diperbolehkan untuk keluar rumah untuk melakukan keperluan tertentu yang mendesak, seperti bekerja, belanja, atau mengakses layanan medis. Untuk itu, ajaklah mereka agat tetap melakukan aktivitas meskipun hanya dari dalam rumah. Hal-hal itu mungkin bisa dilakukan untuk meringankan mereka para lansia di tengah masa isolasi yang entah akan berlangsung hingga kapan. Tips pertama yang harus dilakukan adalah memberikan semua kebutuhan orang-orang yang masuk dalam kelompok rentan Covid-19 terpenuhi.

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas memberikan saran bahwa aturan pembatasan COVID-19 harus dilonggarkan untuk warga negara yang telah disuntik vaksin COVID-19, demikian dilaporkan surat kabar JermanBild am Sonntag. Carilah kesempatan untuk mengingatkan pentingnya mengenakan masker dengan benar. Minta keluarga untuk saling mengingatkan jika ada anggota yang lalai.

Bila memungkinkan, Anda dapat berolahraga bersama secara on-line (melalui Skype, WhatsApp, dll.). Alternatif lain, Anda berolahraga di rumah Anda masing-masing pada waktu dan hari yang sama. Hal yang sama dapat digunakan untuk ibadah, jika pertemuan keagamaan tidak memungkinkan. Jika Anda mengenal tetangga yang berusia lanjut atau memiliki kondisi kesehatan lain, hubungi mereka, idealnya melalui telepon. Anda juga dapat mengirim surat untuk menawarkan bantuan dengan menyelipkannya lewat pintu.