Kasus Kdrt Dan Kekerasan Dalam Pacaran Kian Meningkat Selama Pandemi

Written by Munja on March 11, 2021 in LIP with no comments.

Ketika sebagai dampak dari pandemi Covid-19, EIU merevisi pertumbuhan sektor manufaktur sebesar 3.0% menjadi -1.5% (terkoreksi -4.5%) dan sektor jasa sebesar 7.2% menjadi 2.4% (terkoreksi -4.8%), pertumbuhan sektor pertanian hanya direvisi dari four.1% menjadi 3.2% (-0.9%). Saat ini ekonomi global mengalami krisis akibat pandemi Covid-19, indeks bursa saham rontok. Nilai tukar rupiah terhadap greenback Kong4D USA melemah hal ini diakibatkan banyaknya investor asing meninggalkan pasar keuangan Indonesia, pasar saham anjlok, mempengaruhi perekonomian dalam negeri. Beragam kebijakan ekonomi telah ditetapkan pemerintah untuk menahan dampak negatif Covid-19 sepanjang 2020. Tahun 2021 ini, strategi pemulihan ekonomi nasional tetap dilanjutkan agar roda ekonomi nasional pulih kembali.

Dalam peraturan tersebut, financial institution akan memberikan stimulus untuk debitur yang terdampak COVID-19. Dari sisi provide, banyak UMKM mengalami pengurangan aktivitas dikarenakan adanya kebijakan pembatasan interaksi sosial yang berujung pada terhentinya proses produksi. Dari sisi demand, berkurangnya permintaan atas barang dan jasa mengakibatkan banyak UMKM yang tidak dapat memaksimalkan keuntungan, sehingga menyebabkan berkurangnya likuiditas perusahaan. Misalnya, teknologi digital berupa aplikasi video conference bisa membantu para karyawan untuk bertatap muka jarak jauh dan menyelesaikan persoalan bisnis ketika masa krisis kesehatan akibat Pandemi Covid-19 saat ini.

Luky mengatakan, bentuk respons pemerintah dari sisi kebijakan fiskal dalam situasi pandemi ini adalah dengan menggunakan APBN sebagai alat untuk pemulihan. APBN berperan penting untuk mencapai tujuan pemerintah dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi di saat pandemi. Perlu kita tekankan bahwa APBN adalah instrumen untuk mencapai tujuan tertentu,” ucap Luky. Saat krisis ekonomi 1998, UMKM berperan sebagai penyelamat ekonomi nasional, karena di tengah banyaknya industri berjatuhan, ekspor UMKM justru naik berlipat-lipat dengan keuntungan yang tinggi, sejalan dengan tingginya kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah pada saat itu.

Indonesia sudah mengalami krisis saat pandemi ini

Secara teori peran negara sah-sah saja dan bahkan bersifat meningkatkan efisiensi alokatif jikalau terjadi kegagalan pasar karena kasus-kasus luar biasa. Yang lebih spesifik adalah dalam menyalurkan produksi pertanian dari sentra-sentra produksi di pedesaan ke masyarakat terutama di perkotaan dan target-target pasar lainnya. Operasi pasar, melalui pembelian langsung produk-produk pertanian nampaknya bukan sesuatu yang diharamkan dalam kondisi seperti ini. Akan tetapi adanya stimulus fiskal dampak pandemi Covid sebesar 405 triliun rupiah yang sebagian didanai oleh defisit anggaran 5.07% dari PDB adalah salah satu sumber pembiayaan.

Di sektor perternakan, pihaknya juga mendorong peternakan, pertanian, dan perikanan untuk menggunakan program KUR termasuk mendorong produktivitas usaha perkebunan. Counter-cyclical ini kebanyakan gagal diterapkan di berbagai negara terlebih pula di Indonesia. “Kita menghadapi banyak contoh di berbagai negara, di mana pemerintah itu gagal melakukan counter-cyclical ini. Pemerintah ketika kemudian masyarakat itu lesu ekonominya, tidak kemudian mendorong dengan lebih baik; tidak banyak mengeluarkan duit atau gagal di alokasi anggarannya. Malah justru kemudian sudah ekonomi kembang kempis, ternyata kemudian direm lagi oleh pemerintah,” ujar Wahyudi. Memasuki kuartal III, semua komponen pertumbuhan ekonomi mulai membaik dengan dorongan stimulus fiskal untuk penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Berbeda dengan situasi politik di1998 yang sangat tidak stabil, kondisi saat ini jauh lebih stabil di mana Presiden Jokowi memasuki periode kedua. Selain itu, Pemerintahan Jokowi juga mengeluarkan berbagai kebijakan stimulus yang ditargetkan untuk mengurangi kemiskinan. Situasi ini akan membuat para pembuat kebijakan mengalami dilema untuk menetapkan langkah yang tepat.

Comments are closed.