Covid

Written by Munja on March 12, 2021 in LIP with no comments.

Karena permintaan pasar dunia melemah, penerimaan banyak negara dari ekspor pun anjlok. Tak kurang 100 dari 189 negara anggota IMF telah berkomunikasi dengan lembaga keuangan multilaral ini untuk mendapatkan dana darurat. Dan, IMF pun mengalokasikan bantuan pinjaman sebesar 1 triliun dolar AS untuk membantu negara anggota menangani pandemi Covid-19. Pembicara pertama, Dr. Luky Alfirman, S.T., M.A., selaku Direktur DJPPR, mengatakan COVID-19 telah memberi goncangan di sisi penawaran dan permintaan serta memberi efek domino ke berbagai sektor. “COVID-19 memberikan shock yang luar biasa tidak hanya perekonomian Indonesia tetapi juga ekonomi world dan efeknya sudah menjalar ke sektor sosial, ekonomi, dan seterusnya,” imbuhnya. Karena itu, banyak hal yang dapat mengurangi, menghindari atau meminimalisir dampak yang akan muncul tersebut dengan melakukan beberapa hal salah satunya berfokus terhadap aspek kesehatan masyarakat.

Penggunaan voucher atau tiket ini untuk memastikan barang yang dibeli adalah kebutuhan pokok. Secara konseptual zakat memang dapat membantu mustahik untuk meningkatkan konsumsi dan produksi yang secara agregat berkontribusi meingkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di period pandemi. Namun demikian, besaran jumlah dana yang dimiliki sektorZiswafrelatif masih kecil. Oleh karenanya dibutuhkan langkah-langkah strategis dan taktis yang dapat dilakukan. Pemerintah telah menetapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk menanggulangi penyebaran virus Covid-19.

Bagaimanapun juga, petani adalah salah satu profesi yang sering mengalami ketidakpastian, baik dari alam, seperti cuaca, maupun dari realisasi pasar. Krisis pandemi Covid-19 menambah sumber ketidakpastian di kalangan pelaku perekonomian termasuk petani. Pemimpin di pusat dan daerah perlu berdialog dengan petani dan pelaku pertanian lebih intensif untuk menggali permasalahan dari mulai hal-hal besar yang sifatnya struktural juga hal-hal mendetail di lapangan. Pedagang-pedagang di pasar induk dan sentra-sentra produksi di pinggiran-pinggiran harus diobservasi dan diajak dialog untuk memecahkan masalah. Selain itu ketenangan dan kepastian di kalangan petani akan membantu ketahanan fisik dan mental Daftar Situs Judi Slot Terpercaya 2021 petani menghadapi krisis pandemi Covid-19. Untuk ini, jika diperlukan untuk mengoptimalkan kelembagaan dan meningkatkan sense-of-sectoral disaster, perlu dibuat pokja khusus penanganan sektor pertanian.

Indonesia sudah mengalami krisis saat pandemi ini

Di sektor dunia usaha, pemerintah berusaha menggerakkan melalui pemberian insentif/stimulus kepada UMKM dan korporasi. Untuk membangkitkan kembali ekonomi nasional di tengah pandemi, pemerintah telah menerbitkan beragam regulasi dengan tujuan agar roda ekonomi nasional kembali bergerak ke arah positif. Bersamaan dengan hilangnya hutan, hilang pula ekosistem yang ada di dalamnya, termasuk spesies tumbuhan dan hewan langka.

Tak satu pun negara bebas dari resesi, yang tercermin dari turunnya pertumbuhan ekonomi selama dua kuartal berturut-turut. Mungkin ada beberapa di antara kamu yang sempat memakai dana darurat untuk memenuhi kebutuhan hidup saat krisis keuangan terjadi. Namun, setelah krisis ekonomi di Indonesia berakhir, segera kembalikan lagi dana darurat yang kamu pakai. Jadikan ini sebagai prioritas dan selalu sisihkan gaji kamu setiap bulannya untuk mengembalikan dana darurat. Beberapa program yang dilakukan tersebut adalah bantuan sosial, percepatan pelaksanaan Kartu Prakerja serta pemotongan tagihan listrik.

Setiap tahunnya sejak tahun 1948, eight Mei diperingati sebagai Hari Palang Merah Sedunia untuk menghargai jasa penemu Gerakan Palang Merah Dunia, Henry Dunant, yang juga lahir di tanggal yang sama. Peringatan Hari Palang Merah Sedunia bertujuan untuk menginspirasi, memfasilitasi, dan juga mempromosikan seluruh aktivitas kemanusiaan yang dilakukan oleh Komite Internasional Palang Merah dan anggota Komunitas Nasional yang ikut tergabung. Selain itu, peringatan tersebut juga digunakan sebagai kesempatan untuk menghargai jasa para relawan dan staf yang berjuang menyelamatkan nyawa orang banyak. Akan tetapi menjadi sangat important apabila dihubungkan dengan proses pengembangan dan pembangunan wilayah. Selanjutnya apabila membandingkan tentang kondisi transportasi umum di negara kita memang stake holder kita harus banyak belajar dan meneladani totalitas bentuk bernama pelayanan.

Tak hanya itu, masyarakat dan sektor usaha pun menurutnya mulai siap untuk memulihkan usahanya dan memperbaiki perekonomian. Dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di tengah pandemi yang diterapkan pemerintah, sektor logistik merasakan dampak positif, mengingat masyarakat cenderung menghabiskan pengeluaran di e-commerce untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak ditampik memang peningkatan popularitas dan ketergantungan masyarakat pada e-commerce di masa pandemi. Selain kondisi perekonomian Indonesia yang saat ini jauh lebih stabil, kebijakan Pemerintahan Jokowi turut memberikan dampak signifikan. Berbagai stimulus yang diberlakukan dengan fokus utama pada penyediaan layanan bagi penduduk miskin seyogyanya membantu menjaga stabilitas ekonomi. Berbeda dengan masyarakat di 1998 yang belum berbekal jaminan sosial, masyarakat kini memiliki program jaminan sosial atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan yang memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan pengobatan free of charge.

Aktivitas pelaku usaha yang terdampak pandemi covid-19 baik di sektor riil maupun sektor keuangan, termasuk bagi kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah dari program stimulus pemerintah ini sangat membantu karena tekanan pandemi Covid-19 yang sangat dasyat. Langkah yang diambil pemerintah dengan berbagai insentif sudah sangat tepat karena mendorong perekonomian masyarakat, misalnya dapat meningkatkan kenaikan konsumsi rumah tangga yang saat ini masyarakat lebih memprioritaskan kebutuhan sehari-hari untuk keberlangsungan hidupnya. Situasi ketidakpastian ini masih membayangi situasi world dan tanah air akibat pandemi Covid-19 sehingga membuat pemerintah harus senantiasa sigap dan peka mengantisipasi kerentanan sosial ekonomi sebagai dampak dari pandemi.

Bisa jadi langkah tersebut telah membuahkan hasil, meski belum sepenuhnya terlihat jelas dari berbagai indikator ekonomi. Masih butuh waktu dan stamina ekonomi untuk mengatasi pandemi hingga betul-betul bebas. Berbagai kebijakan dilancarkan pemerintah untuk dapat mengurangi tekanan ekonomi. Di satu tahun pemerintahan Presiden Jokowi Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin, dana stimulus ekonomi diperoleh dari hasil penghematan melalui refocusing dan realokasi dana di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara . [newline]Tak hanya itu saat ini industri pariwisata dan penerbangan mengalami kemerosotan pendapatan karena adanya kebijakan yang dibuat. Bahkan saat ini banyak dari industri pariwisata dan penerbangan mengalami kebangkrutan.

Presiden Joko Widodo pada Selasa 931/3), menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti UU tentang Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan. Melalui Perppu ini, maka pemerintah menambah alokasi anggaran belanja dari APBN 2020 untuk penanganan Covid-19 menjadi Rp 405,1 triliun. “Sektor korporasi yang kami perkirakan akan mengalami tekanan yang tadinya dari supply chain kemudian masuk pada perdagangan dan tentu dari sisi aktivitas masyarakat,” katanya. Menurut Sri Mulyani, kemampuan UMKM ketika terjadi krisis pada 1997 hingga 1998 sangat berbeda dengan sekarang. Sebab, saat itu sektor ini masih mampu bertahan untuk menghadapi kondisi tersebut.

Comments are closed.