Cara Jitu Mengelola Keuangan Usaha Kecil Dan Menengah

Tahan hasrat untuk menambah utang lagi, sekalipun nominalnya kecil atau bersifat pribadi. Pinjaman digunakan untuk memulai suatu usaha butik dan pelunasan utang dilakukan dengan cara dicicil sebesar Rp2 juta per bulan. Asumsikan Anda mampu menghasilkan omset Rp1 juta per hari alias Rp30 juta per bulan. Buat jadwal pembayaran utang, sehingga Anda sudah bisa mempersiapkannya lebih awal. Semua demi kelangsungan bisnis agar tetap stabil, bahkan mengalami peningkatan dari segi untung. Kenyataannya, sebagian besar pengusaha pemula ataupun pro mampu menjadi pengusaha sukses dengan terlebih dahulu berutang.

Namun tujuh bulan berjalan, masing-masing orang mulai merasa tidak puas atas beberapa hal. Mulai dari pembagian keuntungan juga pembagian tugas dan tanggung jawab. Raldi sebagai penggagas usaha sekaligus pemodal merasa dirugikan karena pembagian dipukul rata. Sementara kedua teman Raldi merasa Sarah seharusnya tidak berhak mendapat pembagian revenue yang besar karena perannya hanya sebagai finance dan admin. Sarah dan Raldi pun memutuskan untuk mengajak dua orang teman mereka sebagai pemodal tambahan. Pesanan pembuatan video tak hanya datang dari kolega Sarah dan Raldi tetapi juga dari usahamengembangkan promosi bisnis through jejaring sosialdan media berbayar.

Sembari bisnis berjalan, kamu juga harus bisa mengelola arus keuangan usaha untuk membayar kembali pinjaman tersebut. Di sisi lain, Sleekr Accounting merupakan software program akuntansi online yang membantu pemilik bisnis memiliki informasi real-time untuk posisi keuangan perusahaannya. Sleekr Accounting memberikan kemudahan bagi staf akuntansi untuk melakukan pencatatan transaksi secara akurat dan mudah. Sleekr sebagai software program akuntansi Indonesia, membantu perusahaan untuk melakukan pembukuan sederhana hingga penghitungan pajak, perusahaan besar maupun UKM.

Entrepreneur Camp merupakan portal para pebisnis untuk mempelajari bagaimana cara mengembangkan bisnis, berbagi ide berbisnis, dan menggunakan produk/layanan demi meningkatkan penjualan. Besaran biaya tetap adalah biaya-biaya yang sudah pasti dikeluarkan oleh bisnis Anda setiap bulannya atau dalam rentang waktu tertentu. Misalnya, biaya untuk berlangganan internet, biaya sewa hosting dan domain Tembak ikan, upah atau gaji karyawan, dan lain-lain. Besaran biaya tetap akan membantu Anda untuk memperkirakan jumlah pengeluaran bisnis Anda per bulannya dan mengontrol pengeluaran untuk hal-hal lainnya. Jika terpaksa menggunakan uang di luar kepentingan usaha, sebaiknya lakukan pencatatan secara rinci. Buat pula tanggal jatuh tempo pembayaran atau pengembalian, untuk menghindari kelalaian saat membayarnya.

Tips agar mengelola modal usaha

Jika Anda memutuskan untuk berdagang baju secara on-line, mintalah seseorang kepercayaan Anda baik kenalan, saudara atau orang lain untuk membantu Anda dalam hal pengemasan dan pengiriman barang pesanan pelanggan Anda. Berbisnis menuntut Anda untuk mengelola modal dengan baik dan benar, jika Anda salah mengambil langkah dalam penggunaan modal maka kerugianlah yang mungkin akan Anda dapatkan. Ingat kembali jika Anda masih berstatus karyawan berarti Anda memiliki waktu pengelolaan bisnis yang juga terbatas.

Atau jika ingin membuka gerai mode ataudistribution outlet, sebaiknya ada satu orang yang punya pengetahuanup-to-datetren busana dan pernah menggeluti bisnis ini. Sebenarnya, hal ini bisa diatasi dengan menyewa orang yang ahli, tetapi akan menambah biaya bulanan untuk gaji yang tidak sedikit. Disarankan, memulai usaha yang Anda paham seluk beluknya atau tak salah jika memulai dari hobi.

Tetapi sebelum Anda melakukan hal tersebut, Anda diharuskan untuk memiliki administrasi yang memadai untuk mengontrol itu semua. Seorang calon pengusaha yang sukses haruslah pandai menganalisa goal pasar. Meski ia memiliki produk dengan kualitas terbaik, namun, jika ia tidak memiliki pasar yang tepat, maka penjualan produk yang dilakukan akan mengalami kesulitan. Jangan terburu-buru menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis ke dua.

Walaupun cara mendapat modal yang satu ini relatif lebih santai dan sederhana, kamu juga harus hati-hati. Jangan sampai kebablasan dan malah jadi merusak hubunganmu dengan orang yang meminjamkan uang. Keuntungan yang kamu dapat dari penjualan tersebut kemudian menjadi tambahan modal untuk mengembangkan bisnismu lebih lanjut. Sebesar 10% untuk kebaikan seperti beramal, bersedekah atau bisa juga untuk orang tua. Kemudian 20% untuk masa depan, seperti menabung dan investasi, 30% membayar cicilan, dan 40% untuk kebutuhan seperti biaya mana, transportasi, pulsa, listrik dan air bahkan hobi. Keuntungan usaha jualan online kamu akan jauh lebih bermanfaat bila digunakan untuk perkembangan atau setidaknya mengamankan posisi usaha.

Dengan cara ini, Anda bisa mempromosikan produk-produk terbaru ke segmen pelanggan yang spesifik. Untuk penjelasan lengkapnya, Anda dapat membaca artikel Cara Daftar dan Verifikasi Google Bisnisku. Sederhananya area adalah alamat web site yang unik dan tidak mungkin bisa ada dua nama domain yang sama persis. Jadi Anda bisa dengan mudah mengarahkan para konsumen untuk mengunjungi website resmi yang telah Anda buat. Pertanyaan itu tentu hanya bisa dijawab berdasarkan information dari riset pasar, analisis kompetitor, dan target pasar Anda.