Agar Anak Mau Makan Sayur Dan Buah

Written by Munja on February 28, 2021 in LIP with no comments.

Sebab jika tidak dibiasakan sejak kecil, maka anak akan susah untuk disuruh mengonsumsi sayur-sayuran. Terlebih, penampilan dari sayur itu sendiri pun jika diolah biasa saja kurang sedap dipandang. Sehingga, sangat wajar apabila anak merasa kurang tertarik dengan sayur, atau bahkan tidak ingin mencobanya sama sekali. Dalam permainan ini Moms meminta balita mencicipi satu jenis sayuran sambil menutup mata. Di gigitan pertama, minta ia untuk merasakan manisnya sayuran.

Mengajak serta anak saat mempersiapkan buah dan sayur juga dapat dilakukan supaya anak lebih tertarikuntuk mencoba memakan buah. Begitu selesai mengupas buah dan mencuci sayur, ajak pula anak untuk menyajikan buah dan sayur yang akan dimakan. Hal ini wajar saja karena setiap anak memiliki kemampuan berbeda untuk mengidentifikasi rasa. Pasti butuh ketelatenan supaya anak mau untuk mencoba buah dan sayur. Kreasi Anda dalam menyajikan buah dan sayur juga termasuk jurus yang bisa membuat si kecil menyukai buah dan sayur.

Misal, pilih warna dan anak harus memakan sayur dengan warna tersebut dalam satu hari. Atau, cetak nasi dengan cetakan tokoh kartun favoritnya, lalu taburkan cacahan bayam di atasnya, buat tangan menggunakan wortel, dan hias rambut dengan potongan brokoli kecil. Tina melakukan food regimen dengan terapi sendiri tanpa meminta bantuan dokter gizi dan natural. Ia juga tidak menggunakan suntikan, obat, atau cara instan lain. Melalui YouTube, Tina membagikan tips seputar hidup sehat yang diterapkannya, seperti olahraga dan makanan sehat yang disukai. Berkaitan dengan makanan, Tina mengaku suka mengkonsumsi sayur.

Salah satu upaya yang dilakukan orang tua adalah dengan memberikan mereka makanan yang kaya gizi serta nutrisi. Sumber makanan yang baik dapat berasal dari makanan segar, seperti daging segar,ikan, buah dan juga sayur-sayuran. Namun, anak-anak seringkali tidak suka bahkan menolak untuk makan sayur dan buah. Bahkan mungkin tak jarang juga anda temui sayuran yang disisihkan di piring selepas anak makan. Nah, selain mencoba empat cara di atas, pastikan juga Ibu nggak memaksa anak makan sayur, ya.

Cara agar anak mau makan sayur

Mengajak anak berbelanja sayuran secara tidak langsung anda mengenalkan aneka jenis sayuran pada si kecil. Saat berbelanja sayuran, baik di pasar tradisional atau di supermarket anda tentunya akan menemukan berbagai jenis sayuran. Selain itu, biarkan ia memilih sayuran Agen PAY4D sesuai yang diinginkannya. Setelah itu, biarkan si kecil mengenali sayuran yang dipilihnya, mulai dari bentuk, nama sayuran, warna dan teksturnya. Untuk mengatasi masalah anak susah makan buah dan sayur, Anda harus konsisten dalam memberikan menu buah dan sayur pada si anak.

Seringkali, Bunda harus menghadapi drama di meja makan ketika anak menjadi rewel saat disuruh makan sayur. Segala cara sudah dilakukan agar si kecil menyukai sayuran, namun selalu gagal. Ma, anak akan lebih suka untuk melihat secara langsung daripada mendengarkannya. Jika anak susah untuk Mama suruh makan sayur itu adalah hal yang wajar. Tidak jarang orangtua merasa pusing bahkan kesal karena anak susah untuk makan sayuran. Selain itu, anak-anak juga akan berpikir bahwa sayur adalah makanan yang memang tidak enak, jika Anda saja sampai harus memberinya hadiah supaya ia mau memakannya.

Memasak bersama juga dapat menggugah selera makan si kecil, lho. Kemungkinan ia juga akan lebih menghargai makanan yang ia makan. Menceritakan dongeng-dongeng tentang sayuran juga bisa membuat anak lebih tertarik untuk makan sayur. Anda bisa mencari cerita tentang sayuran yang berperan sebagai pahlawan. Anak bisa menganggap bahwa dengan makan sayur bisa menjadikan ia sehat dan kuat bagai pahlawan.

Namun dengan memasaknya bersama makanan favoritnya, bukan tak mungkin rasa sayur yang semula tak enak di matanya akan berbubah menjadi sesuatu yang disukainya. Manusia adalah makhluk visible, begitu pula dengan anak-anak. Jangan kehabisan ide untuk membuat tampilan makanan menjadi menarik. Tentukan tema tertentu makanan mereka dengan bentuk yang lucu, atau beri julukan tertentu bagi tiap lauk yang ada di piring mereka.

Jangan mengenalkan buah-buahan dengan tekstur keras, rasa yang asam, sepat atau kurang menarik pada anak. Pastikan untuk mengenalkan buah-buahan dengan rasa yang segar dan manis terlebih dahulu seperti semangka, pisang, atau pepaya. Sehingga, anak pun memiliki peluang yang besar untuk terkena berbagai jenis penyakit. Dan apabila hal itu terjadi, tentu tidak hanya anak yang dirugikan karena merasa sakit dan tidak nafsu makan.

Comments are closed.