10 Cara Membentuk Karakter Anak Usia Dini

Written by Munja on March 2, 2021 in LIP with no comments.

Akibatnya tanpa disadari Anda memberikan reaksi berlebihan, seperti berteriak, memukul, atau mengucapkan kata-kata kasar. Supaya hal-hal seperti ini dapat dihindari, berikut kebiasaan memarahi anak yang dapat berakibat buruk pada kesehatan psychological mereka. Cukup banyak orang tua yang memaksa anak untuk mendengarkan mereka tanpa melakukan hal yang sama. Saat si kecil sudah minta maaf dan mengakui kesalahannya, hindari pula untuk kembali mengungkit-ungkit kesalahannya. Mengungkit kesalahan anak hanya akan membuat si kecil sakit hati dan sulit untuk mendengarkan nasihat Moms dan Dads di kemudian hari.

Cara agar anak mau mendengar nasihat orang tua

Ia ingin bergaul,menunjukkan kebolehannya,ia merasa lebih dan ingin dihargai kelebihan nya itu. Tapi manakala hal itu tidak tersalurkan maka ia akan mencari tempat mempertontonkan kebolehannya itu. Secara alami, anak akan mengidolakan setiap orangtua apabila mereka mendidiknya dengan benar. Sebaliknya, anak tidak mengikuti kemauan orang tua apabila ada hal yang dirasa mengganggu psikologisnya. Berikanlah dukungan yang positif dan bekalilah ia dengan ability untuk menghindari olokan temannya serta kemampuan untuk bisa bersosialisasi dengan baik. Sebagai contoh Anda dapat mengajarkan anak Anda untuk menghindari sebuah ejekan dari temannya.

Memanggil nama anak berulang-ulang hanya akan membuat tenggorokan kita sakit. Cobalah berada di dekatnya dan beritahu bahwa Anda hanya akan menyampaikan perintah satu kali dan ia harus memahami akibatnya jika tidak memberi respon atau melakukan yang diminta. “Anak-anak di usia ini menghabiskan banyak waktunya di sekolah dan mengikuti perintah. Sekolah memberi tuntutan yang besar, sehingga mereka cuma punya sedikit kesempatan untuk bebas, tidak stres, dan melatih pilihan mereka sendiri,” kata psikolog anak Carla Fick.

Hubungan yang renggang seperti ini akan membuat anak menjadi tertutup dan enggan berbagi emosi dengan orang tua. Salah satu tujuan orang tua memarahi anak adalah supaya mereka bisa mengikuti peraturan dengan baik. Namun, frekuensi marah yang berlebihan justru akan membuat anak jenuh dan ingin memberontak. Bercermin dari kebiasaan orang tua, mereka menganggap bahwa cara untuk menyampaikan pendapat adalah dengan amarah. Anak menjadi lebih mudah marah ketika mereka merasa orangtua tidak dapat memahami mereka. Ketika menasihati anak, Moms dan Dads bisa mengajaknya berdiskusi untuk menemukan solusi yang lebih baik dan memahami sudut pandang anak.

Si kecil yang sedang mengeksplorasi diri serta lebih percaya dengan instingnya, seakan membuat anak terkesan membangkang. Misalnya saat anak menolak makan di jam makan, sulit tidur, ingin terus bermain atau screen time, memang menunjukkan kesan bahwa mereka tidak menurut dengan perintah orang tua. Namun jika ditelusuri lebih dalam, mereka memang sedang berada di fase eksplorasi. Tidak semua orang tua paham betul cara mendidik anak dengan baik.

Coba tirukan suara menggelegar atau bunyikan alarm untuk membuat mereka memperhatikan. Apakah orang lain melihat apa yang sedang dikerjakan sebelum berbicara. Bandar Slot Online Dewasa dan anak-anak butuh waktu untuk berpindah dari satu atau dua sisi otak yang lain sehingga mereka bisa memberikan perhatian penuh mereka.

Dalam hal ini komunikasi yang efektif sangat diperlukan untuk membangun hubungan yang sehat dan langgeng. Anak – anak mungkin merasa takut, tidak bisa dan merasa tidak aman dengan intimidasi. Hal ini penting untuk membangun kepercayaannya dan membiarkan anak memberi tahu kita, mengapa ia merasa tidak yakin dengan dirinya sendiri sehingga secara bersama – sama dapat mencari solusinya.

Kebiasaan orangtua untuk membentak, menampar, memukul, bahkan menghajar anaknya merupakan tindakan yang sangat menyakiti anak. Bukan hanya bekas fisik yang bisa dilihat tapi juga secara psychological atau psikologis. Anak yang sering dibentak dan dihajar oleh kedua orangtuanya biasanya memiliki sifat yang keras. Jadi kalau disuruh untuk mendengar nasehat orangtuanya sudah tidak mau karena sudah terbiasa dengan cara kasar.

“Tak mudah dalam menghadapi anak. Namun, semua bisa diselesaikan dengan komunikasi yang baik.” “Ketika kau lelah dalam mendidik anak, maka beristirahatlah. Jangan paksakan semuanya untuk selesai hari ini.” Support tak hanya dapat ditunjukan lewat ucapan atau penyemangat saja. Berikan mereka hadiah sebagai salah satu cara untuk menunjukan rasa sayang orangtua terhadap anak. Dengan hadiah kecil pun, itu akan menunjukan kepedulian dan rasa empati.

Comments are closed.